15 Teknologi Modern yang terinspirasi dari kisah Fiksi Ilmiah

Posted by

REPORTASEE.BLOGSPOT.COM - 15 Teknologi Modern yang terinspirasi dari kisah Fiksi Ilmiah

15 Teknologi Modern yang terinspirasi dari kisah Fiksi Ilmiah15 Teknologi Modern yang terinspirasi dari kisah Fiksi Ilmiah
Beberapa hal harus dilihat dulu baru dapat dipercaya. Namun ada hal-hal yang bisa dipercaya sebelum dilihat. Itulah imajinasi. Imajinasi adalah pembentuk dunia kita. Banyak teknologi yang sekarang sedang dinikmati idenya bukan dari para ilmuwan, tapi merupakan imajinasi para penulis cerita fiksi ilmiah.  15 Teknologi Modern yang terinspirasi dari kisah Fiksi Ilmiah
Para penulis itu telah membuat yang mustahil menjadi mungkin, seringkali dengan menantang hukum dari ilmu pengetahuan dan melewati batas-batas kenyataan. Ataukah mereka telah melihat gambaran masa depan melalui kemampuan imajinasinya kemudian menuangkannya dalam sebuah cerita fiksi?
Berikut ini adalah beberapa penemuan teknologi yang idenya berasal dari cerita fiksi ilmiah dan tentu saja sudah menjadi kenyataan di dalam kehidupan kita. Sekedar informasi imajinasi bukan sekedar khayalan sia-sia. 
15 Teknologi Modern yang terinspirasi dari kisah Fiksi Ilmiah
15) Telepon Selular

Ketika telepon flip pertama diproduksi, banyak orang berkomentar bahwa Ponsel tersebut tampak seperti komunikator dalam film Star Trek (1966). Itu bukan kebetulan. Martin Cooper, penemu ponsel genggam pertama, bahwa gadget Kapten Kirk’s nifty itu meng inspirasi seluruh konsep telepon portabel.
14) Kapal Selam

Kapal selam sudah ada sejak Perang Saudara dan bahkan digunakan dalam pertempuran. Namun, hal itu tidak sampai sebelum Jules Verne menerbitkan kisah klasik ” 20,000 Leagues Under the Sea” pada tahun 1870. kemudian para insinyur mulai membayangkan lebih maju tentang kapal yang dapat menggali lebih dalam ke laut.
13) Perangkat elektronik (E-Book)

Pada sebagian besar fiksi ilmiah, kertas adalah sebuah hal di masa lalu, dan beberapa gadget baru-baru ini menunjukkan ke arah itu. Pemilik e-book seperti Kindle Douglas Adams “The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy untuk mengucapkan terima kasih, tanpa membawa kertas buku referensi.
12) Powered exoskeleton

Mungkin adegan yang paling terkenal dalam film Aliens 2 (1986) adalah ketika Ripley menyelamatkan seorang gadis kecil menggunakan hidrolik exoskeleton. Seseorang dalam militer tampaknya terinspirasi dari film tersebut, karena para ilmuwan baru-baru ini meluncurkan sebuah exoskeleton yang membantu seseorang mengangkat berat 200 pound tanpa kesulitan. Satu penemu di Jepang bahkan selangkah lebih maju dengan mengembangkan setelan fungsional hampir sama dengan yang di film.
11) Home Theaters

Diilhami dari novel Ray Bradbury’s Fahrenheit 451 tahun 1951 tentang kisah masa depan Amerika salah satu nya dengan menghadirkan sebuah rumah yang lengkap dengan televisi layar lebar lengkap dengan perlengkapan audio surround sound systems. Sekarang kita memnyebutny “Home Theater”.
10) Software Penerjemah

“Babel Fish” bukan hanya nama acak dari AltaVista yang datang dengan perangkat lunak terjemahan web mereka. Ini sebenarnya merupakan gadget dari novel”The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy” 1971 yang dapat menerjemahkan bahasa apapun setelah dimasukkan ke dalam telinga seseorang.
9) Taser

Ketika Jack Cover mengembangkan prototipe pertama untuk senapan mematikan, ia terinspirasi dari novel tahun 1911 karya Victor Appleton yang ia baca ketika masih anak-anak “Thomas A. Swift ’s Electric Rifle.”, salah satunya menampilkan sebuah “senapan listrik” yang digunakan untuk berburu.
8) Virus Komputer

Hei, tidak ada yang mengatakan fiksi ilmiah bukan saja mengilhami penemuan-penemuan yang baik. Ketika peneliti sengaja menciptakan virus komputer pertama pada tahun 1975, mereka menggambarkannya sebagai “cacing.” Istilah ini diambil dari novel John Brunner, The Shockwave Rider ‘, di mana “cacing pita” mulai menginfeksi komputer di seluruh dunia.
7) Satelit

Edward Everett Hale penulis yang mengeksplorasi ide pertama dari sebuah satelit dalam cerita pendek, “The Brick Moon,” tapi itu terkenal setelah penulis fiksi ilmiah Arthur C. Clarke yang pertama kali mengusulkan satelit sebagai alat untuk komunikasi massal. Dia menulis sebuah artikel pada tahun 1945 yang menggambarkan perangkat komunikasi yang melayang di orbit untuk memberikan kecepatan tinggi komunikasi global. Tujuh tahun kemudian, Sputnik diluncurkan.
6) VCR / DVD Player

Sementara sebagian besar dunia mengagumi penemuan gambar bergerak di tahun 1890-an, HG Wells sudah memikirkan cara untuk membuatnya lebih baik. Pada satu titik dalam novelnya, seseorang terbangun, seorang pria menemukan sebuah mesin yang tampaknya untuk menyimpan dan memutar film untuk hiburan pribadi.
5) PDA atau Pocket Komputer

Pada tahun 1974, ketika sebagian besar komputer yang cukup besar mengisi seluruh kamar, Larry Niven membayangkan sebuah versi berukuran saku dalam novelnya ” The Mote in God’s Eye”. Dikisahkan “komputer saku” yang banyak digunakan untuk perhitungan matematis dan mencatat, tapi dengan fungsi-fungsi komunikasi mereka, Niven mungkin juga menggambarkannya sebagai Blackberry atau iPhone.
4) Robot (R.U.R. oleh Karel Capek, Metropolis)

Gagasan untuk membangun kehidupan artifisial telah ada selama berabad-abad, tetapi istilah “robot” diperkenalkan pertama kali dalam permainan Karel Capek, RUR (Rossum’s Universal Robots). Namun, untuk melihatnya belum terwujud sampai tahun 1927, film Metropolis diluncurkan menggambarkan bahwa orang-orang mulai melihat robot sebagai mesin humanoid yang dapat dikendalikan oleh seorang programmer.

3) Space Travel

Meskipun novel tahun 1865 berjudul “Dari Bumi ke Bulan” menceritakan kisah Komedi, Jules Verne melakukan beberapa perhitungan yang serius untuk kembali mengangkat kisah tentang tiga orang mencoba untuk melakukan perjalanan ke bulan menggunakan meriam. Beberapa teori-teorinya dan persamaannya yang akurat ternyata mengejutkan kepada mereka yang melakukan misi Apollo, dan ia bahkan dengan benar meramalkan bahwa bobot akan ada di luar angkasa.

2) Internet

Buku William Gibson, Neuromancer, sekaligus mengatur dasar bagi genre cyberpunk serta internet (atau lebih tepatnya, World Wide Web). Dalam dunia dystopian, hampir semua orang dapat mengakses jaringan komputer global yang menggunakan antarmuka otak khusus, yang memungkinkan semua orang di planet ini untuk bertukar informasi dengan cepat. Terdengar akrab?

1) Bom Atom

Tidak sulit untuk membayangkan sebuah ledakan besar, tapi Robert Cromie (1856-1907) membayangkan sarana untuk melakukan hal yang akhirnya akan menjadi kenyataan. Dalam The Crack of Doom, ia menulis tentang senjata yang menggunakan energi atom faktor resikonya memusnahkan hampir dua kilometer persegi tanah. Lebih dari empat dekade kemudian, Proyek Manhattan berjalan baik.
15 Teknologi Modern yang terinspirasi dari kisah Fiksi Ilmiah


Blog, Updated at: 14.31

0 komentar:

Poskan Komentar